RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP MELIYANA
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VIII/ I
Materi Pokok : Menjelajah Masyarakat Indonesia
Sub Materi : Norma dan Kebiasaan Antardaerah di Indonesia
Alokasi
Waktu : 3 x 40 Menit
A. Kompetensi
Inti
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
4.
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah
dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Menghargai
perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia dalam
kehidupan di sekolah dan masyarakat
2.1 Menghargai
sikap kebersamaan dalam keberagaman masyarakat sekitar
3.1 Memahami
norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
4.1 Menalar norma dan kebiasaan
antardaerah di Indonesia
4.2 Menalar hasil telaah norma dan
kebiasaan antardaerah di Indonesia
4.3
Menyaji bentuk partisipasi Kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen
terhadap keutuhann nasional (KD ini dilaksanakan pada pertemuan ke-3)
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.1.1
Berdoa sebelum dan
sesudah melakukan sesuatu
1.1.2
Memberi salam sesuai
agama masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
1.1.3
Memelihara hubungan
baik dengan sesama makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa walaupun berbeda norma dan kebiasaan antarteman di dalam kelas dan di lingkungan sekolah dan
masyarakat
1.1.4
Berusaha semaksimal
mungkin untuk meraih hasil atau prestasi yang diharapkan (ikhtiar).
2.1.1
Menghargai norma dan kebiasaan di lingkungan
sekolah dan masyarakat
2.1.2
Menerima perbedaan
dengan orang lain dalam hal sikap, perilaku, tradisi, suku , bahasa dan agama.
2.1.3
Berperilaku sesuai
dengan norma-norma yang berlaku di dalam kelas, sekolah dan masyarakat
3.1.1
Mendeskripsikan
berbagai norma antardaerah di Indonesia
3.1.2
Mendeskripsikan
berbagai kebiasaan antardaerah di Indonesia
4.1.1
Menunjukan
keterampilan mengamati tentang norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
4.1.2
Menunjukan
keterampilan menanya tentang norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
4.1.3
Menunjukan
keterampilan menelaah berbedaaan dan persamaan
norma antardaerah di Indonesia
4.1.4
Menyusun laporan
hasil telaah tentang norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
4.1.5
Menyusun hasil
telaah tentang persamaan dan perbedaan norma-norma antardaerah
4.1.6
Menyajikan praktik
kewarganegaraan tentang norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
4.1.7
Menyajikan hasil
telaah tentang norma dan kebiasaan (hukum adat) yang berlaku di lingkungan siswa
4.1.8
Menyajikan gagasan
bertema melestarikan norma dan kebiasaan di lingkungan siswa
4.1.9
Menyajikan gagasan tentang perilaku yang
melangar norma yang sering dilakukan oleh dirinya, teman maupun orang
disekitarnya
4.1.10
Menyajikan gagasan tentang pentingnya untuk
menaati norma-norma yang berlaku di lingkungan siswa
D. Materi Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1.
Norma-norma yang
berlaku di berbagai daerah di Indonesia
1.1 Pengertian norma, adat istiadat dan kebiasaan
1.2 Suku toraja, ngaben (bali), suku dayak, kampung adat
naga, suku bugis.
2.
Perbedaaan dan persamaan (upacara pemakaman dan penyimpanan kebutuhan
pokok) norma antardaerah di Indonesia
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.
Pendahuluan (15 menit)
a.
Guru mempersiapkan
secara fisik dan psikis siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan
berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku
tulis dan sumber belajar khusus meminta siswa membuka buku yang memuat materi
bab IV bagian sub 1 Norma dan
Kebiasaan Antardaerah di Indonesia
b.
Guru memberi
motivasi melalui bernyanyi lagu nasional “dari sabang sampai merauke”
c.
Guru melakukan
apersepsi melalui tanya jawab mengenai norma-norma yang ada dilingkungan
sekitar siswa
d.
Guru menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
e.
Guru membimbing
siswa melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran
f.
Guru menjelaskan
materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan siswa
2.
Kegiatan inti (90 menit)
Mengamati
a.
Guru membagi siswa menjadi
5 (lima) kelompok, dengan jumlah anggota yang seimbang. Masing-masing kelompok
berbeda daerah
b.
Guru meminta siswa mengamati
wacana dan gambar 4.1 Di halaman 79 tentang kerukunan masyarakat. Kemudian guru
menambahkan penjelasan tentang wacana dan gambar tersebut dengan berbagai fakta
terbaru yang berhubungan dengan keberagaman norma antardaerah di lingkungan
peserta didik
c.
Guru meminta siswa
secara kelompok mengamati gambar 4.3 hal 82, 4.4 hal 83, 4.5 hal 84, 4.6 hal 86
dan 4.7 hal 4.7 sesuai dengan materi
dari masing-masing kelompok.
Menanya
a. Guru meminta siswa secara kelompok mengidentifikasi
pertanyaan yang ingin diketahui tentang norma dan kebiasaan antardaerah di
Indonesia tabel 4.1 hal 81
b. Guru dapat membimbing pertanyaan siswa sesuai dengan indikator
pencapaian kompetensi.
Mengumpulkan informasi
a. Guru meminta siswa secara kelompok mengidentifikasi
pertanyaan yang ingin diketahui tentang norma yang berlaku antardaerah
b.
Guru
memfasilitasi peserta didik dengan sumber belajar lain seperti buku penunjang
atau bahan dari internet
c. Guru juga dapat menjadi narasumber atas pertanyaan siswa
di kelompok
Mengasosiasi
a.
Guru membimbing
kelompok untuk menghubungkan informasi yang diperoleh untuk menyimpulkan
tentang norma antardaerah di Indonesia
b.
Guru membimbing kelompok
dalam langkah ini, Seperti membantu mengambil kesimpulan berdasarkan informasi.
Mengkomunisasikan
a.
Guru membimbing
siswa menyusun laporan hasil telaah tentang norma antardaerah di Indonesia.
Laporan dalam bentuk kertas lembaran.
b.
Guru membimbing
setiap kelompok untuk menyajikan hasil telaah depan kelas secara bergantian.
2.
Penutup (15 menit)
a. Guru bersama dengan siswa menyimpulkan materi
pembelajaran
b. Guru melakukan refleksi pembelajaran melalui berbagai
cara seperti tanya jawab tentang apa yang sudah dipelajari, apa manfaat
pembelajaran apa perubahan sikap yang perlu dilakukan
c.
Guru melakukan tes
secara lisan untuk menilai pengetahuan peserta didik.
d. Guru menjelaskan kegiatan minggu berikutnya dan
memberikan tugas mempelajari materi tentang kebiasaan antardaerah.
e. Guru menutup
pembelajaran dengan mengucapkan salam.
F.
Penilaian
1.
Sikap spiritual
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk
menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor
sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria
sebagai berikut :
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3
= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
2
= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1
= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok :
…………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
sesuatu
|
|||||
2
|
Memberi
salam sesuai agama masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
|||||
3
|
Berusaha semaksimal mungkin untuk meraih
hasil atau
prestasi yang diharapkan (ikhtiar).
|
|||||
4
|
Memelihara hubungan baik dengan sesama
makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa walaupun berbeda norma dan kebiasaan
|
|||||
Jumlah
Skor
|
Rumus perhitungan skor akhir
Skor akhir = Jumlah perolehan skor x 4
Skor maksimal
Kategori skor sikap siswa didasarkan pada
Permendikbur no.81 A tahunn 2013 yaitu
Sangat baik (SB) = Apabila memperoleh skor akhir 3,33 < skor akhir ≤ 4,00
Baik (B) = Apabila memperoleh skor akhir 2,33 < skor akhir ≤ 3,33
Cukup (C) = Apabila memperoleh skor akhir 1,33 < skor akhir ≤ 2,33
Kurang (K) = Apabila memperoleh skor akhir ≤ 1,33
2.
Sikap sosial
a. Sikap Toleransi
Pedoman Observasi Sikap Toleransi
Petunjuk :
Lembaran
ini diisi oleh guru/teman untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kepedulian. Berilah tanda
cek (v) pada kolom skor sesuai sikap kepedulian
yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik :
………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok :
…………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Mampu dan mau bekerja sama dengan siapa
pun yang memiliki keberagaman latar
belakang, pandangan, dan keyakinan
|
|||||
2
|
Menerima perbedaan dengan orang lain dalam
hal sikap, perilaku, tradisi, suku, bahasa,
dan
agama.
|
|||||
3
|
Tidak memaksakan pendapat atau keyakinan
pada orang lain
|
|||||
4
|
Dapat memaafkan kesalahan orang lain
|
|||||
Jumlah Skor
|
Rumus perhitungan skor akhir
Skor akhir = Jumlah perolehan skor x 4
Skor maksimal
Kategori skor sikap siswa didasarkan pada
Permendikbur no.81 A tahunn 2013 yaitu
Sangat baik (SB) = Apabila memperoleh skor
akhir 3,33 < skor akhir ≤ 4,00
Baik (B) = Apabila memperoleh skor akhir 2,33 < skor akhir ≤ 3,33
Cukup (C) = Apabila memperoleh skor akhir 1,33 < skor akhir ≤ 2,33
Kurang (K) = Apabila memperoleh skor akhir ≤ 1,33
b.
Tanggung Jawab
Pedoman Observasi Sikap
Tanggung Jawab
Petunjuk :
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung
jawab. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila
kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta
Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
Keterangan
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
Melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi
tanggung
jawabnya.
|
|||||
2
|
Menerima resiko dari
tindakan yang dilakukan
|
|||||
3
|
Tidak
menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat dan saling menyalahkan
|
|||||
4
|
Mengembalikan
barang yang dipinjam
|
|||||
5
|
Meminta maaf atas kesalahan yang
dilakukan
|
|||||
Jumlah
Skor
|
Rumus perhitungan skor akhir
Skor akhir = Jumlah perolehan skor x 4
Skor maksimal
Kategori
skor sikap siswa didasarkan pada Permendikbut no.81 A tahunn 2013 yaitu
Sangat baik (SB) = Apabila memperoleh skor
akhir 3,33 < skor akhir ≤ 4,00
Baik (B) = Apabila memperoleh skor akhir 2,33 < skor akhir ≤ 3,33
Cukup (C) = Apabila memperoleh skor akhir 1,33 < skor akhir ≤ 2,33
Kurang (K) = Apabila memperoleh skor akhir ≤ 1,33
c.
Disiplin
Pedoman Observasi Sikap
Disiplin
Petunjuk :
Lembaran
ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam
kedisiplinan. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
Ya =
Apabila siswa
menunjukkan perbuatan sesuai
aspek pengamatan
Tidak = Apabila siswa tidak menunjukkan perbuatan
sesuai aspek pengamatan.
Nama Peserta
Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal
Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Sikap yang diamati
|
Melakukan
|
Keterangan
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1
|
Masuk kelas
tepat waktu
|
|||
2
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
|||
3
|
Memakai seragam
sesuai tata tertib
|
|||
4
|
Mengerjakan
tugas yang diberikan
|
|||
5
|
Tertib dalam mengikuti
pembelajaran
|
|||
6
|
Membawa buku
tulis sesuai mata pelajaran
|
|||
7
|
Membawa buku
teks mata pelajaran
|
|||
8
|
Mengikuti kaidah berbahasa yang baik dan
benar
|
|||
Jumlah
|
Rumus perhitungan skor akhir
Skor akhir = Jumlah perolehan skor x 4
Skor
maksimal
Kategori
skor sikap siswa didasarkan pada Permendikbur no.81 A tahunn 2013 yaitu
Sangat baik (SB) = Apabila memperoleh skor
akhir 3,33 < skor akhir ≤ 4,00
Baik (B) = Apabila memperoleh skor akhir 2,33 < skor akhir ≤ 3,33
Cukup (C) = Apabila memperoleh skor akhir 1,33 < skor akhir ≤ 2,33
Kurang (K) = Apabila memperoleh skor akhir ≤ 1,33
3.
Pengetahuan
·
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
·
Bentuk
Instrumen : Uraian
Kompetensi dasar
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
Kunci Jawaban
|
3.1 Memahami norma dan
kebiasaan antardaerah di Indonesia
|
3.1.1 Mendeskripsikan berbagai norma antardaerah
di Indonesia
3.1.2 Mendeskripsikan berbagai kebiasaan
antardaerah di Indonesia
|
1. Jelaskan
norma-norma yang berlaku antardaerah di Indonesia ?
2.
Jelaskan perbedaan dan persamaan (upacara pemakaman dan
penyimpanan kebutuhan pokok) norma antardaerah di Indonesia ?
|
|
Rumus perhitungan skor akhir
Skor maksimal
Kategori skor pengetahuan siswa didasarkan pada
Permendikbur no.81 A tahunn 2013 yaitu
Nilai
|
Rentang Nilai Minimal
|
Rentang Nilai Maksimal
|
A
|
4.00
|
4.00
|
A-
|
3,67
|
3,99
|
B+
|
3,34
|
3,66
|
B
|
3,00
|
3,33
|
B-
|
2,67
|
2,99
|
C+
|
2,34
|
2,66
|
C
|
2,00
|
3,33
|
C-
|
1,67
|
1,99
|
D+
|
1,34
|
1,66
|
D
|
1,00
|
1,33
|
4.
Keterampilan
·
Teknik Penilaian : Praktek
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Menunjukan keterampilan menanya tentang norma
dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
|
Buatlah pertanyaan berkenaan dengan norma dan kebiasaan
antardaerah di Indonesia
|
2
|
Menyusun laporan hasil telaah tentang norma dan kebiasaan antardaerah di
Indonesia
|
-
Menyusun hasil telaah tentang norma antardaerah
-
Menyusun hasil telaah tentang persamaan dan perbedaan norma-norma
antardaerah
|
3
|
Menyajikan laporan
hasil telaah dan gagasan tentang norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
|
-
Menyajikan hasil telaah tentang norma antardaerah di Indonesia
|
Pedoman Penilaian Penyusunan Laporan
Kelompok : ………
Kelas : ……….
Materi Pokok : ……….
No
|
Nama
Peserta Didik
|
Aspek
Penilaian
|
Jumlah Skor
|
||
Penguasaan
Materi
(1-4)
|
Kerjasama (1-4)
|
Kreatifitas
(1-4)
|
|||
Petunjuk penilaian
·
Nilai
4 jika sangat menguasai materi, saling bekerja sama, dan
memiliki gagasan/konsep kritis dan kreatif
·
Nilai
3 jika menguasai materi, bekerja
sama, dan memiliki gagasan/konsep baru
·
Nilai
2 jika kurang menguasai materi, kurang
bekerja sama, dan kurang
memiliki gagasan/konsep baru
·
Nilai
1 jika tidak menguasai materi, tidak bekerja sama, dan tidak memiliki
gagasan/konsep baru
Kelompok :
...........
Kelas : ……….
Materi Pokok : ……….
No
|
Kelompok
|
Aspek
Penilaian
|
Jumlah Skor
|
||
Kejelasan Materi
(1-4)
|
Ide
(1-4)
|
Estetika
(1-4)
|
|||
Petunjuk penilaian
·
Nilai
4 sangat menguasai materi, ide/gagasan dalam rancangan
tertulis, dan tampilanya sangat indah/menarik
·
Nilai
3 jika menguasai
materi, ide/gagasan dalam rancangan
tertulis cukup, dan tampilanya cukup indah/menarik
·
Nilai
2 jika kurang menguasai materi, kurang ide/gagasan
dalam rancangan tertulis, dan kurang
indah/menarik
·
Nilai
1 jika tidak menguasai materi, ide/gagasan
dalam rancangan tertulis, dan tidak
indah/menarik
Lembar Observasi Presentasi
Kelas :
Tanggal Pengamatan :
Materi pokok :
Aspek Penilaian
|
||||||
No
|
Nama peserta didik
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Jumlah
|
1
|
||||||
dst
|
||||||
Keterangan aspek penilaian
1.
Kejelasan paparan
2.
Sistematika paparan
3.
Menggunakan Bahasa Indonesia yang benar
4.
Memiliki komitmen yang jelas terhadap sikap menghargai norma-norma yang
berlaku.
Keterangan Skor Penilaian Presentasi
1.
4 = Mampu
mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara
substantif, bahasa mudah dimengerti
(mengunakan Bahasa Indonesia yang benar), dan disampaikan secara percaya diri,
sistematis dan berkomitmen..
2.
3 = Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara
substantif, dan disampaikan
secara percaya diri
3. 2 = Mampu mempresentasikan hasil praktik dan disampaikan dengan kurang
percaya diri
4. 1 = Tidak mampu mempresentasikan hasil pengukuran dengan benar
secara substantif, bahasa sulit
dimengerti, dan disampaikan
tidak
percaya diri.
Jumlah skor
Nilai Akhir =
------------------------ x 4
=
Skor Maksimal
G.
Media Pembelajaran
1.
Media
·
Gambar-gambar yang
berkaitan dengan norma-norma
2.
Alat dan bahan
·
Buku paket PPKN kls VIII
3. Sumber Belajar
1.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013.Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta : Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Halaman 85
2.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Buku guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Hal 144-164
3.
Buku
referensi lain yang berkaitan dengan materi pemberlajaran
Membalong,
Juli 2014
Guru Mata Pelajaran
Meliyana, S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar