WELCOME TO MY BLOG

meliyana

Kamis, 06 November 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PPKN K-13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                 : SMP MELIYANA
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan   
Kelas/Semester                      : VIII/ I
Materi Pokok                         : Menjelajah Masyarakat Indonesia
Sub Materi                            :  Norma dan Kebiasaan Antardaerah di Indonesia
Alokasi Waktu                       : 3 x 40 Menit  


A.       Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori



B.       Kompetensi Dasar
1.1  Menghargai perilaku beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat
2.1  Menghargai sikap kebersamaan dalam keberagaman masyarakat sekitar
3.1 Memahami norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
4.1 Menalar norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
4.2 Menalar hasil telaah norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
4.3  Menyaji bentuk partisipasi Kewarganegaraan yang mencerminkan komitmen terhadap keutuhann nasional (KD ini dilaksanakan pada pertemuan ke-3)

C.       Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1        Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
1.1.2        Memberi salam sesuai agama masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
1.1.3        Memelihara hubungan baik dengan sesama makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa  walaupun berbeda norma dan kebiasaan antarteman di dalam kelas dan di lingkungan sekolah dan masyarakat
1.1.4        Berusaha semaksimal mungkin untuk meraih hasil atau prestasi yang diharapkan (ikhtiar).
2.1.1         Menghargai norma dan kebiasaan di lingkungan sekolah dan masyarakat
2.1.2        Menerima perbedaan dengan orang lain dalam hal sikap, perilaku, tradisi, suku , bahasa dan agama.
2.1.3        Berperilaku sesuai dengan norma-norma yang berlaku di dalam kelas, sekolah dan masyarakat
3.1.1        Mendeskripsikan berbagai norma antardaerah di Indonesia
3.1.2        Mendeskripsikan berbagai kebiasaan antardaerah di Indonesia
4.1.1        Menunjukan keterampilan mengamati tentang norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
4.1.2        Menunjukan keterampilan menanya tentang norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
4.1.3        Menunjukan keterampilan menelaah berbedaaan dan persamaan  norma antardaerah di Indonesia
4.1.4        Menyusun laporan hasil telaah tentang norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
4.1.5        Menyusun hasil telaah tentang persamaan dan perbedaan norma-norma antardaerah
4.1.6        Menyajikan praktik kewarganegaraan tentang norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
4.1.7        Menyajikan hasil telaah tentang norma dan kebiasaan (hukum adat) yang berlaku di lingkungan siswa
4.1.8        Menyajikan gagasan bertema melestarikan norma dan kebiasaan di lingkungan siswa
4.1.9         Menyajikan gagasan tentang perilaku yang melangar norma yang sering dilakukan oleh dirinya, teman maupun orang disekitarnya
4.1.10     Menyajikan gagasan tentang pentingnya untuk menaati norma-norma yang berlaku di lingkungan siswa

D.      Materi Pembelajaran 
Pertemuan ke 1
1.      Norma-norma yang berlaku di berbagai daerah di Indonesia
1.1  Pengertian norma, adat istiadat dan kebiasaan
1.2  Suku toraja, ngaben (bali), suku dayak, kampung adat naga, suku bugis.
2.      Perbedaaan dan persamaan  (upacara pemakaman dan penyimpanan kebutuhan pokok) norma antardaerah di Indonesia




E.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
           
1.         Pendahuluan   (15 menit)
a.         Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan melakukan berdoa, mengecek kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar khusus meminta siswa membuka buku yang memuat materi bab IV bagian sub 1 Norma dan Kebiasaan Antardaerah di Indonesia
b.        Guru memberi motivasi melalui bernyanyi lagu nasional “dari sabang sampai merauke”
c.         Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab mengenai norma-norma yang ada dilingkungan sekitar siswa
d.      Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
e.       Guru membimbing siswa melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran
f.        Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan siswa

2.         Kegiatan inti (90 menit)
Mengamati
a.       Guru membagi siswa menjadi 5 (lima) kelompok, dengan jumlah anggota yang seimbang. Masing-masing kelompok berbeda daerah
b.      Guru meminta siswa mengamati wacana dan gambar 4.1 Di halaman 79 tentang kerukunan masyarakat. Kemudian guru menambahkan penjelasan tentang wacana dan gambar tersebut dengan berbagai fakta terbaru yang berhubungan dengan keberagaman norma antardaerah di lingkungan peserta didik
c.       Guru meminta siswa secara kelompok mengamati gambar 4.3 hal 82, 4.4 hal 83, 4.5 hal 84, 4.6 hal 86 dan 4.7  hal 4.7 sesuai dengan materi dari masing-masing kelompok.
Menanya
a.       Guru meminta siswa secara kelompok mengidentifikasi pertanyaan yang ingin diketahui tentang norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia tabel 4.1 hal 81
b.      Guru dapat membimbing pertanyaan siswa sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.
Mengumpulkan informasi
a.       Guru meminta siswa secara kelompok mengidentifikasi pertanyaan yang ingin diketahui tentang norma yang berlaku antardaerah
b.     Guru memfasilitasi peserta didik dengan sumber belajar lain seperti buku penunjang atau bahan dari internet
c.       Guru juga dapat menjadi narasumber atas pertanyaan siswa di kelompok
Mengasosiasi
a.       Guru membimbing kelompok untuk menghubungkan informasi yang diperoleh untuk menyimpulkan tentang norma antardaerah di Indonesia
b.      Guru membimbing kelompok dalam langkah ini, Seperti membantu mengambil kesimpulan berdasarkan informasi.
Mengkomunisasikan
a.       Guru membimbing siswa menyusun laporan hasil telaah tentang norma antardaerah di Indonesia. Laporan dalam bentuk kertas lembaran.
b.      Guru membimbing setiap kelompok untuk menyajikan hasil telaah depan kelas secara bergantian.

2.      Penutup  (15 menit)
a.       Guru bersama dengan siswa menyimpulkan materi pembelajaran
b.      Guru melakukan refleksi pembelajaran melalui berbagai cara seperti tanya jawab tentang apa yang sudah dipelajari, apa manfaat pembelajaran apa perubahan sikap yang perlu dilakukan
c.       Guru melakukan tes secara lisan untuk menilai pengetahuan peserta didik.
d.      Guru menjelaskan kegiatan minggu berikutnya dan memberikan tugas mempelajari materi tentang kebiasaan antardaerah.
e.       Guru  menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam.

F.        Penilaian

1.      Sikap spiritual
Pedoman Observasi Sikap Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas                                   : ………………….
Tanggal Pengamatan            : …………………..
Materi Pokok                      : …………………..

No
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu





2
Memberi salam sesuai agama masing-masing sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi





3
Berusaha semaksimal mungkin untuk meraih
hasil atau prestasi yang diharapkan (ikhtiar).





4
Memelihara hubungan baik dengan sesama
makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa  walaupun berbeda norma dan kebiasaan





Jumlah Skor





   
     Rumus perhitungan skor akhir
            Skor akhir = Jumlah perolehan skor x 4
                                    Skor maksimal
    Kategori skor sikap siswa didasarkan pada Permendikbur no.81 A tahunn 2013 yaitu
            Sangat baik (SB) = Apabila memperoleh skor akhir  3,33 < skor akhir ≤ 4,00
            Baik (B)               = Apabila memperoleh skor akhir  2,33 < skor akhir ≤ 3,33
            Cukup (C)            = Apabila memperoleh skor akhir  1,33 < skor akhir ≤ 2,33
            Kurang (K)          = Apabila memperoleh skor akhir   ≤ 1,33



2.      Sikap sosial

a.      Sikap Toleransi

Pedoman Observasi Sikap Toleransi
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru/teman untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kepedulian. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap kepedulian  yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik        : ………………….
Kelas                              : ………………….
Tanggal Pengamatan        : …………………..
Materi Pokok                  : …………………..

No
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1
Mampu dan mau bekerja sama dengan siapa
pun yang memiliki keberagaman latar
belakang, pandangan, dan keyakinan





2
Menerima perbedaan dengan orang lain dalam
hal sikap, perilaku, tradisi, suku, bahasa, dan
agama.





3
Tidak memaksakan pendapat atau keyakinan
pada orang lain





4
Dapat memaafkan kesalahan orang lain






Jumlah Skor





   
 Rumus perhitungan skor akhir
                        Skor akhir = Jumlah perolehan skor x 4
                                                Skor maksimal
              Kategori skor sikap siswa didasarkan pada Permendikbur no.81 A tahunn 2013 yaitu
                        Sangat baik (SB) = Apabila memperoleh skor akhir  3,33 < skor akhir ≤ 4,00
                        Baik (B)               = Apabila memperoleh skor akhir  2,33 < skor akhir ≤ 3,33
                        Cukup (C)            = Apabila memperoleh skor akhir  1,33 < skor akhir ≤ 2,33
                        Kurang (K)          = Apabila memperoleh skor akhir   ≤ 1,33

b.      Tanggung Jawab

Pedoman Observasi Sikap Tanggung Jawab
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
      kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
      sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik        : ………………….
Kelas                              : ………………….
Tanggal Pengamatan        : …………………..
Materi Pokok                  : …………………..

No
Aspek Pengamatan
Skor
Keterangan
1
2
3
4
1
Melaksanakan setiap pekerjaan yang menjadi
tanggung jawabnya.





2
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan





3
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat dan saling menyalahkan





4
Mengembalikan barang yang dipinjam





5
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan





Jumlah Skor





   
 Rumus perhitungan skor akhir
                        Skor akhir = Jumlah perolehan skor x 4
                                                Skor maksimal
            Kategori skor sikap siswa didasarkan pada Permendikbut no.81 A tahunn 2013 yaitu
                        Sangat baik (SB) = Apabila memperoleh skor akhir  3,33 < skor akhir ≤ 4,00
                        Baik (B)               = Apabila memperoleh skor akhir  2,33 < skor akhir ≤ 3,33
                        Cukup (C)            = Apabila memperoleh skor akhir  1,33 < skor akhir ≤ 2,33
                        Kurang (K)          = Apabila memperoleh skor akhir   ≤ 1,33


c.       Disiplin

Pedoman Observasi Sikap Disiplin
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kedisiplinan. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
Ya                    =  Apabila siswa menunjukkan perbuatan sesuai
                           aspek pengamatan
Tidak               = Apabila siswa tidak menunjukkan perbuatan
                           sesuai aspek pengamatan.
Nama Peserta Didik        : ………………….
Kelas                              : ………………….
Tanggal Pengamatan        : …………………..
Materi Pokok                  : …………………..

No
Sikap yang diamati
Melakukan
Keterangan
Ya
Tidak
1
Masuk kelas tepat waktu



2
Mengumpulkan tugas tepat waktu



3
Memakai seragam sesuai tata tertib



4
Mengerjakan tugas yang diberikan



5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran



6
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran



7
Membawa buku teks mata pelajaran



8
Mengikuti kaidah berbahasa yang baik dan
benar



Jumlah




             Rumus perhitungan skor akhir
                        Skor akhir = Jumlah perolehan skor x 4
                                                Skor maksimal
            Kategori skor sikap siswa didasarkan pada Permendikbur no.81 A tahunn 2013 yaitu
                        Sangat baik (SB) = Apabila memperoleh skor akhir  3,33 < skor akhir ≤ 4,00
                        Baik (B)               = Apabila memperoleh skor akhir  2,33 < skor akhir ≤ 3,33
                        Cukup (C)            = Apabila memperoleh skor akhir  1,33 < skor akhir ≤ 2,33
                        Kurang (K)          = Apabila memperoleh skor akhir   ≤ 1,33

3.      Pengetahuan
·          Teknik Penilaian                    : Tes Tertulis
·          Bentuk Instrumen                   : Uraian
Kompetensi dasar
Indikator
            Butir Instrumen
Kunci Jawaban
3.1 Memahami norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
3.1.1 Mendeskripsikan berbagai norma antardaerah di Indonesia
3.1.2 Mendeskripsikan berbagai kebiasaan antardaerah di Indonesia
1.      Jelaskan norma-norma yang berlaku antardaerah  di Indonesia ?
2.      Jelaskan perbedaan dan persamaan (upacara pemakaman dan penyimpanan kebutuhan pokok) norma antardaerah di Indonesia ?










Rumus perhitungan skor akhir
                        Skor akhir =   Jumlah perolehan skor x 100   : 25
                                                Skor maksimal
Kategori skor pengetahuan siswa didasarkan pada Permendikbur no.81 A tahunn 2013 yaitu
Nilai
Rentang Nilai Minimal
Rentang Nilai Maksimal
A
4.00
4.00
A-
3,67
3,99
B+
3,34
3,66
B
3,00
3,33
B-
2,67
2,99
C+
2,34
2,66
C
2,00
3,33
C-
1,67
1,99
D+
1,34
1,66
D
1,00
1,33

4.      Keterampilan

·        Teknik Penilaian         : Praktek

No
Indikator
                   Butir Instrumen
1
Menunjukan keterampilan menanya tentang norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
Buatlah pertanyaan berkenaan dengan norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia
2
Menyusun laporan hasil telaah tentang norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia

-          Menyusun hasil telaah tentang norma antardaerah
-          Menyusun hasil telaah tentang persamaan dan perbedaan norma-norma antardaerah

3
Menyajikan laporan hasil telaah dan gagasan tentang norma dan kebiasaan antardaerah di Indonesia

-          Menyajikan hasil telaah tentang norma antardaerah di Indonesia


Pedoman Penilaian Penyusunan Laporan

Kelompok                       : ………
Kelas                              : ……….
Materi Pokok                  : ……….


No
Nama Peserta Didik
Aspek Penilaian
Jumlah Skor
Penguasaan Materi
(1-4)
Kerjasama (1-4)
Kreatifitas
(1-4)



















Petunjuk penilaian
·        Nilai 4 jika sangat menguasai materi, saling bekerja sama, dan memiliki gagasan/konsep kritis dan kreatif
·        Nilai 3 jika menguasai materi,  bekerja sama, dan memiliki gagasan/konsep baru
·        Nilai 2 jika kurang menguasai materi, kurang bekerja sama, dan  kurang memiliki gagasan/konsep baru
·        Nilai 1 jika tidak menguasai materi, tidak  bekerja sama, dan tidak memiliki gagasan/konsep baru

Pedoman Penilaian Display

Kelompok                       : ...........
Kelas                              : ……….
Materi Pokok                  : ……….

No
Kelompok
Aspek Penilaian
Jumlah Skor
Kejelasan Materi
(1-4)
Ide
(1-4)
Estetika
(1-4)


















Petunjuk penilaian
·        Nilai 4 sangat menguasai materi, ide/gagasan dalam rancangan tertulis, dan tampilanya sangat indah/menarik
·        Nilai 3 jika menguasai materi,  ide/gagasan dalam rancangan tertulis cukup, dan tampilanya cukup indah/menarik
·        Nilai 2 jika kurang menguasai materi, kurang ide/gagasan dalam rancangan tertulis, dan  kurang indah/menarik
·        Nilai 1 jika tidak menguasai materi, ide/gagasan dalam rancangan tertulis, dan  tidak indah/menarik


    Lembar Observasi Presentasi
Kelas                                           :
Tanggal Pengamatan                     :
Materi pokok                               :


Aspek Penilaian

No
Nama peserta didik
1
2
3
4
Jumlah
1






dst




















  Keterangan aspek penilaian
1.         Kejelasan paparan
2.         Sistematika paparan
3.         Menggunakan Bahasa Indonesia yang benar
4.         Memiliki komitmen yang jelas terhadap sikap menghargai norma-norma yang berlaku.

Keterangan Skor Penilaian Presentasi
1.      4 = Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara
    substantif, bahasa mudah dimengerti (mengunakan Bahasa Indonesia yang benar), dan disampaikan secara percaya diri, sistematis dan berkomitmen..
2.      3 = Mampu mempresentasikan hasil praktik dengan benar secara
    substantif, dan disampaikan secara percaya diri
3.       2 = Mampu mempresentasikan hasil praktik dan disampaikan dengan kurang
   percaya diri
4.       1 = Tidak mampu mempresentasikan hasil pengukuran dengan benar
    secara substantif, bahasa sulit dimengerti, dan disampaikan tidak
    percaya diri.
                                    Jumlah skor
    Nilai Akhir  =   ------------------------ x 4  =          
                                    Skor Maksimal

G.     Media Pembelajaran
1.      Media
·        Gambar-gambar yang berkaitan dengan norma-norma
2.      Alat dan bahan
·        Buku paket PPKN kls VIII
3.      Sumber Belajar
1.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013.Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Halaman 85
2.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Buku guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Hal 144-164
3.      Buku referensi lain yang berkaitan dengan materi pemberlajaran


MembalongJuli  2014
Guru  Mata  Pelajaran





Meliyana, S.Pd
 

Tidak ada komentar:

budaya demokrasi

Budaya demokrasi